Minggu, 08 Januari 2012

Menjadi GURU yang menyenangkan

Sekolah
sudah tidak lagi menjadi tempat menyenangkan bagi siswa. Kekeluargaan,
kasih sayang, kebebasan mengungkapkan diri siswa, mulai hilang dari
lembaga sekolah. Banyak faktor yang menyebabkan anak tidak senang berada
di sekolah.

Terutama ketika guru dengan segala otoritasnya,
tanpa memberikan kebebasan siswa menemukan jati dirinya. Pembelajaran
seperti ini, tidak akan menimbulkan siswa tidak merasa senang dalam
proses pembelajaran. Ditambah ketidaksejajaran antara siswa dan guru,
sebagai makluk sosial saling membutuhkan.

Karenanya, siswa merasa
sekolah bukan lagi tempat menyenangkan untuk belajar. Siswa akan
memilih pergi meninggalkan kelas atau membolos, sebagai tindakan protes
siswa terhadap perilaku guru, proses pembelajaran, disiplin yang ketat
maupun lingkungan sekolah yang tidak bersahabat.

Pemerintah
masih berfokus memikirkan dengan masalah konsep kurikulum atau sistem
pendidikan, bahwa pendidikan itu harus begini dan begitu. Sesungguhnya
perlu ada aturan mengenai proses pembelajaran menyenagkan dan cara
pendekatan guru terhadap siswa.

Beberapa tips menjadi guru yang menyenangkan:
1)
Bangkitnya rasa minat Seorang Pengajar atau pembelajar menjadi gembira
lantaran di dalam dirinya memang ada keinginan Mengajar atau mempelajari
suatu materi pelajaran.

2) Keterlibatan siswa,Keterlibatan
memerlukan hubungan timbal balik. Apa yang dipelajari dan siapa yang
ingin mempelajari perlu adanya jalinan yang akrab dan saling memahami.
3)
Ciptakan tanya jawab. Sangat perlu dikuasai guru untuk menciptakan
pembelajaran yang efektif dan menyenangkan, karena hampir dalam setiap
tahap pembelajaran guru dituntut untuk mengajukan pertanyaan, dan
kualitas pertanyaan yang diajukan guru akan menentukan kualitas jawaban
peserta didik.

4) Kreativitas dalam Menjelaskan .yaitu
mendeskripsikan secara lisan tentang sesuatu benda, keadaan, fakta, dan
data sesuai dengan waktu dan hukum-hukum yang berlaku. Penjelasan dapat
diberikan selama pembelajaran, baik di awal, di tengah, maupun di akhir
pembelajaran. Penjelasan harus bermakna dan menarik perhatian peserta
didik dan sesuai dengan materi standar dan kompetensi dasar. Penjelasan
dapat diberikan untuk menjawab pertanyaan peserta didik dan harus sesuai
dengan latar belakang dan tingkat kemampuan peserta didik.

5)
Ciptakan diskusi kelompok kecil yang bermanfaat agar siswa dapat berbagi
informasi dan pengalaman dalam pemecahan suatu masalah, meningkatkan
pemahaman terhadap masalah yang penting dalam pembelajaran, meningkatkan
ketrampilan dalam perencanaan dan pengambilan keputusan, mengembangkan
kemampuan berfikir dan berkomunikasi, membina kerjasama yang sehat dalam
kelompok yang kohesif dan bertanggung jawab.

TIPS TAMBAHAN
1. Mulailah pada hari pertama sekolah
Pada setiap awal tahun ajaran, atau semester, carilah waktu yang tepat untuk membuat semua aturan, dan kesempatan bagi siswa untuk berkomunikasi tentang berbagai situasi, termasuk pada siswa yang ‘bermasalah’. Seorang guru harus memastikan bahwa siswa merasa didekati sejak hari pertama sekolah.

2. Jadilah proaktif
Seorang guru harus berjuang ke arah gaya mendidik yang proaktif. Selain ada keuntungan dari momen yang spontan, tapi dapat juga digunakan untuk berkomunikasi dengan siswa, misalnya mengatur jadwal berdiskusi di luar jam mengajar.

3. Menjadi pendengar yang aktif
Mendengarkan secara aktif menunjukkan bahwa guru benar-benar mencoba untuk memahami secara verbal dan nonverbal pesan yang disampaikan, merasakan perasaan, dan pikiran. Menjadikan siswa yakin dan merasa dihargai bahwa apa yang mereka sampaikan mendapatkan perhatian.

4. Pastikan Anda mengatakan, "Saya mendengar Anda"
Seorang guru harus memvalidasi apa yang dikatakan oleh semua siswanya. Namun, validasi tidak berarti bahwa guru setuju atau percaya dengan segala hal yang dikatakan siswa, tetapi lebih untuk mengakui sudut pandang para siswa. Validasi membantu siswa percaya bahwa guru mendengarkan dan menghormati pendapat mereka. Misalnya, sebuah komentar seperti, "Aku senang kamu bisa berbagi pemikiran. Saya tentu tidak langsung setuju dengan perspektif Anda, tapi saya ingin mendengar lebih banyak."

5. Lakukan seperti Anda ingin diperlakukan
Seorang guru tentu ingin dan mengharapkan orang lain memperlakukan kita dengan hormat, berkomunikasi dengan jelas, dan memberikan tanggapan yang sesuai. Sikap empati dan melibatkan diri berdiskusi dengan siswa akan mengurangi sikap defensif dan memungkinkan para siswa merasa nyaman.

6. Jangan menghakimi dan menuduh
Seorang guru tentu ingin siswanya mengerti apa yang diajarkan tanpa membenci guru atau mata pelajarannyanya. Untuk itu, seorang guru sebaiknya tidak menghakimi, dan menuduh, tetapi harus memberikan pesan yang mudah ditafsirkan. Itu akan meningkatkan probabilitas siswa mendengarkan apa yang guru katakan.

7. Berkomunikasi secara jelas dan singkat
Banyak guru berusaha untuk menyampaikan banyak informasi pada satu waktu, tetapi itu akan membuat siswa kelebihan beban informasi, kewalahan, dan sulit mencerna. Maka itu, seorang guru selaiknya melakukan komunikasi yang rutin, singkat, dan terfokus dengan siswanya. Sebab, tidak semuanya harus diselesaikan dalam satu diskusi.

8. Menjadi model kejujuran dan martabat
Siswa sangat cerdik dalam memahami kejujuran guru. Seorang guru harus mengakui jika tidak mengetahui jawaban atas pertanyaan yang diajukan siswanya. Tetapi, guru harus berjanji untuk berupaya menemukan jawaban sebelum kelas berikutnya. Tidak jujur adalah kesalahan dalam mendidik.

9. Menerima pengulangan
Komunikasi adalah proses yang berkelanjutan. Siswa mungkin harus mendengarkan apa yang diajarkan berkali-kali sebelum mereka memahami dan masuk ke dalam pikirannya.

10. Ciptakan humor
Humor adalah bahan penting dalam proses komunikasi. Humor dapat meringankan, dan menjadi fasilitas yang baik ketika seorang guru tengah mengajarkan sesuatu kepada muridnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar