Senin, 31 Oktober 2011

Tips membangun rasa percaya diri

1. Bersyukur kepada Allah SWT, yang telah menganugrahkan kelebihan kepada kita semua.

2. Gambarkan kesuksesan langkah kita, bayangkan bahwa orang – orang sedang tersenyum puas dengan apa yang kita sampaikan.

3. Bayangkan bahwa orang – orang di depan kita adalah orang tua yang sudah renta, bayi yang lucu – lucu atau seseorang yang kita anggap dapat menimbulkan semangat dan motivasi kita.

4. Ketika akan melakukan preseentasi atau yang sejenisnya, jangan memandang langsung  pesertanya (matanya), namun pandanglah kepalanya, jika forum tersebut besar, namun jika forum tersebut kecil, maka pandanglah secara berkeliling, satu demi satu, merata, dan jangan terlalu cepat.

5. Jangan terlalu banyak menggunakan gerakan non verbal, misalnya : meremas – remas kertas, memainkan pena, kancing baju, dan juga membuka – buka buku seperti orang yang tidak siap. Dan jangan terlalu banyak bergerak, bila engkau tak ingin terlalu bergetar dan semakin berdebar (grogi).

6. Untuk menghilangkan rasa gugup, dapat pula dilakukan terapi, menarik nafas panjang, agar dapat lebih rileks

7. Dan yang tidak boleh lupa adalah berdoa, karena dengan berdoa memohon kelancaran kepada Allah, insyaAllah kita akan menjadi lebih tenang dan siap di depan umum.

SELAMAT MENCOBA..............................

 

1 komentar: